Bicara Tentang Kerja, Pengusaha, dan Karya

Sunday, January 28, 2018

Sebenarnya ide tulisan dengan judul ini sudah terfikirkan oleh saya sejak awal Januari. Tapi ide ini tersendat karena bingung bagaimana harus mengembangkan judul ini menjadi paragraf. Lalu Sabtu kemaren saya diajak Tisa ikut bookasession yang diadakan oleh @bookabukucom yang langsung saya iyakan karena pertama free, kedua karena bosan Sabtu di kosan terus. Dari sesi tersebut saya mendapatkan tambahan insprasi untuk pengembangan judul ini menjadi paragraf.


Source: Pinterest 

Topik dari sesi itu adalah passion and perseverance. Dimana passion itu sepertinya sudah agak lama saya lupakan. Sebenarnya passion itu apa sih? Saya sendiri belum mengetahuinya dengan pasti. Tapi yang pasti menurut kacamata saya yang sangat awam, passion itu hanya profesi. Orang-orang yang sudah mengetahui passionnya, pasti sangat bergairah agar passion itu bisa menjadi profesi. Bahkan ada quotenya "pekerjaan yang paling enak adalah hobi yang dibayar". Dan passion, sepertinya sangat berpengaruh untuk judul ini.

/ker.ja/n sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah, mata pencaharian (KBBI). Empat tahun lalu, saya mengklaim pada orang tua saya, saya tidak ingin bekerja pada orang lain, saya inginnya jadi pengusaha. Namun nyatanya saat ini, saya bekerja untuk orang lain, saya bekerja untuk membantu mewujudkan mimpi orang lain. Empat tahun lalu, saya berfikir bahwa orang yang bekerja untuk orang lain itu tidak keren. Namun nyatanya saat ini, saya menikmati saja bekerja untuk orang lain. Saya menyadari, pikiran saya empat tahun lalu itu sangat salah, tidak ada yang salah dengan kerja bukan? Selama itu halal dan tidak membebani dirinya sendiri, bahkan sebenarnya kerja itu harus. Karena kita membutuhkan uang untuk bertahan hidup, salah satu caranya ya kerja. Dan mungkin saja kerja untuk beberapa orang menjadi passionnya. Saat ini saya menyadari, mereka yang bekerja dengan posisi dan gaji yang tinggi itu juga keren. Pasti untuk mendapatkan itu, mereka butuh proses yang tidak sebentar juga.

/usa.ha/n kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung) (KBBI). Apakah semua orang yang membuka usaha menjadi pengusaha? Tidak. Tapi semua orang bisa memulai untuk membuka usaha, selama punya modal dan niat, ya bisa-bisa saja. Orang yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan pada orang lain, pasti mencoba untuk berjualan. Atau yang sudah bosan bekerja di kantor mikirnya "bagusnya buka usaha apa ya?". Tapi semua yang bisa membuka usaha, tidak akan semuanya juga bisa menjadi pengusaha. Mereka yang bisa berinovasi, yang berani mengambil resiko, dan mengembangkan usahanya itulah pengusaha. Mungkin juga menjadi pengusaha itu adalah passionnya, sehingga mereka bisa.

/kar.ya/n 1. pekerjaan; 2. hasil perbuatan, buatan, ciptaan (KBBI). Sebenarnya menurut saya, orang yang paling keren itu adalah orang yang bisa meng-uang-kan karyanya. Seperti yang saya tulis di paragraf dua, mungkin ini yang dimaksud hobi yang dibayar. Tapi sesungguhnya, yang tidak kita ketahui, jalan berliku dan terjal seperti apa yang mereka lalui untuk bisa seperti itu. Mungkin karena alasan itulah mengapa orang-orang ini saya anggap sangat keren. Mereka sanggup mengambil keputusan dan tindakan untuk menghasilkan karya yang mereka inginkan, meninggalkan pekerjaan, lalu bahagia.

Orang yang bekerja pada orang lain dengan posisi dan gaji yang tinggi, sesungguhnya mereka punya beban dan tanggung jawab yang sangat tinggi. Orang yang bekerja dengan posisi yang bisa dianggap rendah atau pedagang kaki lima, mereka tetap semangat untuk tetap bekerja karena mereka harus makan dan menghidupi keluarga mereka. Seorang pengusaha, atau seorang yang berkarya, mungkin butuh waktu yang lama, konflik yang rumit, proses yang tidak mudah dan berliku hingga mereka bisa dikenal. Seperti quote yang saya lupa saya dapatkan darimana "tidak perlu iri pada rezeki orang lain, kamu tidak tau apa yang telah diambil darinya". Sekarang menurut saya, apapun pekerjaannya, apapun yang mereka jual, siapapun yang berani membuat karya. Menurut saya, mereka semua keren.


xoxo,
uciramda

2 comments:

  1. Kalau kata Spiderman "From great power, comes great responsibility". Makanya suka heran sama yang suka sirik sama rezeki orang lain, karena kita nggak tahu detail proses bagaimana mereka bisa achive apa yang udah mereka dapat sekarang. Kita juga nggak tahu beban yang lagi mereka emban di posisi yang sekarang seberat apa. Kita kan tahunya pas orang-orang itu udah sukses dan apa yang mereka tunjukkan pasti sisi 'fun'nya aja. Yaelah kayak nenek-nenek ini gue omongannya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget kakkk, betuullll. Btw makasih udah mampir kak, aku ngefans loh kak, konten blognya Kak Nidy bikin pengen jalan-jalan terus

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...